Dalam era bisnis yang bergerak begitu cepat dan penuh dengan persaingan yang ketat, konsep inovatif yang dikenal sebagai “growth hacking” semakin menjadi sorotan. Growth hacking, sebuah pendekatan yang menggabungkan strategi pemasaran dan pengembangan produk untuk mempercepat pertumbuhan bisnis, telah mendapatkan perhatian besar dari para pelaku industri yang berusaha untuk meraih kesuksesan di dunia yang semakin digital dan terhubung.
Melalui program inkubasi Innovative Academy Universitas Gadjah Mada (13/5), Fadli Willihandarwo, Founder & CEO Sekolah Startup, menjelaskan “Growth hacking adalah pemikiran out of the box dan menemukan cara-cara baru untuk mencapai pertumbuhan yang cepat dan melibatkan pengujian ide-ide baru dengan cepat, berani, serta mengambil risiko terkontrol untuk mendapatkan wawasan berharga.”
Saat ini, banyak perusahaan yang sedang mencari para ahli growth hacking atau bahkan membentuk tim khusus untuk mengimplementasikan strategi ini. Dengan teknologi yang terus berkembang dan data yang semakin mudah diakses, growth hacking menjadi lebih relevan daripada sebelumnya.
Dengan paradigma bisnis yang terus berubah, growth hacking telah menjadi tonggak penting dalam menggali peluang baru, mencapai pertumbuhan yang cepat, dan beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang kompetitif. Para pelaku bisnis yang ingin tetap relevan di masa depan harus membuka pikiran mereka untuk pendekatan inovatif seperti growth hacking.