• Tentang UGM
  • Pusat IT
  • Dit PUI
  • Dit KA
  • Penelitian
  • Surel
  • Indonesia
    • English
    • Indonesia
Universitas Gadjah Mada Innovative Academy
Direktorat Pengembangan Usaha
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Startup
  • Program
  • Acara
  • berita
  • Tentang Kami
    • Tim Kami
    • Mentor
  • Beranda
  • Berita
  • Integrated Marketing Communications

Integrated Marketing Communications

  • Berita
  • 17 Mei 2024, 17.39
  • Oleh: ia
  • 0

Sesi mentoring Innovative Academy kembali dilakukan di EDS Building (4/5) dengan menghadirkan Muh. Faturrahman yang merupakan Network and Partnership Management Department Head di PT. Isuzu Astra Motor Indonesia yang merupakan agen pemegang merek, manufaktur dan distributor kendaraan niaga Isuzu di Indonesia. Faturrahman selaku mentor pada sesi mentoring ini, membuka sesi mentoring dengan menampilkan video branding dari produk Apple. Ia menjelaskan mengenai bagaimana video dari Apple tersebut dapat menciptakan branding yang melekat sama seperti strategi yang digunakan PT. Isuzu Astra Motor Indonesia memasarkan produknya.

“Mengapa Integrated Marketing Communications penting?” Tanya Faturrahman di awal sesi yang memancing diskusi antar talent dan mentor. Masing-masing talent memiliki pendapatnya dan salah satu talent berpendapat bahwa, “IMC penting supaya brand yang disampaikan tetap konsisten.” 

Sekarang ini, marketing sudah menjadi percakapan dua arah. IMC mengintegrasikan komunikasi pesan dari produk dan merek ke audiens yang lebih luas sehingga IMC lah yang paling tepat untuk menciptakan brand awareness. Komponen IMC yang penting adalah produk yang jelas dan bermanfaat, pemahaman terhadap target market yang spesifik, kompetitor dan kompetisi pasar, corporate culture, identitas brand dari segala aspek, dan consumer experience untuk memberikan pengalaman yang berbeda. 

“Untuk mempopularkan produk ke end-user, diperlukan brand communication, yaitu bagaimana suatu merek dapat dikomunikasikan dan membentuk kepercayaan customer (customer trust),” jelas Faturrahman. Dalam hal B2B, brand communication ini dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan end-user nya siapa dan mengukur bagaimana produk tersebut dapat diterima pasar. Sehingga apa yang dijanjikan dan dapat sesuai dengan target customer-nya.  

“Selain IMC, yang bisa digunakan adalah analisa SWOT. Namun, Hati-hati dalam menggunakan analisis SWOT karena subjektivitasnya tinggi,” tegas mentor. Faturrahman menjelaskan, Untuk menyusun IMC, diperlukan marketing plan yang berisi bauran pemasaran, seperti definisi produk, harga, dan lainnya.

Dari sesi mentoring ini, mentor menyimpulkan bahwa Integrated Marketing Communications merupakan suatu cara untuk menyampaikan produk dengan metode dan tools tertentu yang sesuai sehingga dapat menganalisis dan menguasai pasar dengan baik. 

Tinggalkan Komentar Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Universitas Gadjah Mada

INNOVATIVE ACADEMY
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Innovative Academy HUB
EDS Building
Jl. Asem Kranji K6-K7, Kampus UGM, Yogyakarta 55284
Phone: 0813-9330-1436
Email: ia@ugm.ac.id

Find Us Here!

Instagram

Whatsapp

Facebook

Email IA

Tentang Kami

Kami telah memfasilitasi 8,000+ entrepreneur muda dari berbagai kalangan, membantu 1.000+ founder dan co-founder startup untuk membangun 300+ startup.

Layanan

Pre-Inkubasi Startup

Inkubasi Startup

Startup Kami

  • AMX UAV
  • Ruang Halal
  • Inspirasien
  • Wujudkan
  • UICreative.net
  • KulinerKu
  • Kalikesia
  • Asmer
  • etc.

© 2022 DIREKTORAT PENGEMBANGAN USAHA - UNIVERSITAS GADJAH MADA

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY