Pada pertemuan di minggu ke sebelas dalam rangkaian sesi mentoring program inkubasi dari Innovative Academy, sesi mentoring yang dilakukan mengangkat tema Integrated Marketing Communication untuk startup. Pertemuan ini diisi oleh M. Amirullah yang merupakan CEO Swaragama.
Integrated marketing communication (IMC) merupakan topik ke-11 dalam rangkaian inkubasi Innovative Academy dengan menghadirkan M. Amirullah yang merupakan CEO Swaragama. Swaragama FM adalah sebuah radio swasta di Yogyakarta yang memulai siarannya sejak 27 Februari 2000. Swaragama FM memiliki sejumlah program yang dibuat untuk menemani aktivitas Akademia Jogja, sebutan untuk pendengarnya. Bersiaran di frekuensi 101.7 FM, Swaragama FM bisa didengar selama 24 jam nonstop, dengan tagline “The Soundtrack of Your Life“.
Amir menjelaskan tentang konsep dan strategi integrated marketing communication yang tepat bagi startup. Disamping itu, Amir juga menjelaskan beberapa hal terkait perencanaan strategis pemasaran, penentuan tujuan komunikasi, penargetan audiens, pengembangan pesan yang konsisten, penggunaan media yang sesuai, pengukuran kinerja, dan adaptasi terhadap perubahan tren pasar.
“Pendidikan dan pemahaman tentang komunikasi pemasaran yang terpadu dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi startup. Dalam dunia yang terus berubah dan kompetitif, startup founders perlu menguasai strategi pemasaran yang holistik untuk membedakan diri mereka dan mencapai kesuksesan jangka panjang. Startup founders harus aktif dalam forum-forum bisnis maupun wirausaha guna memperoleh pengetahuan dan wawasan berharga yang dapat membantu mereka memaksimalkan potensi komunikasi pemasaran serta mencapai hasil yang optimal bagi bisnis mereka”, jelas Amir.