• Tentang UGM
  • Pusat IT
  • Dit PUI
  • Dit KA
  • Penelitian
  • Surel
  • Indonesia
    • English
    • Indonesia
Universitas Gadjah Mada Innovative Academy
Direktorat Pengembangan Usaha
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Startup
  • Program
  • Acara
  • berita
  • Tentang Kami
    • Tim Kami
    • Mentor
  • Beranda
  • Berita
  • Incubation Activity #Week6: Branding & Positioning

Incubation Activity #Week6: Branding & Positioning

  • Berita
  • 20 April 2024, 17.14
  • Oleh: ia
  • 0

Materi Branding and Positioning disampaikan oleh Rakhmat Ganda Wirawan, Senior Brand Marketing Manager & Global Project Enesis Group di kegiatan Inkubasi Startup pada Sabtu (20/4) di Gedung EDS UGM. Enesis Group merupakan perusahaan yang menaungi produk-produk seperti Soffell, Adem Sari, Antis Antiseptic, Vegeta, Kispray, Force Magic, Plossa, dan Amunizer.

Rakhmat menjelaskan bahwa brand dan produk memiliki perbedaan meskipun keduanya juga saling berkaitan. Produk adalah barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan yang berupa obyek fisik atau layanan yang dapat dibeli atau dikonsumsi oleh konsumen, sedangkan brand adalah keseluruhan identitas, citra, dan persepsi yang terkait dengan produk atau perusahaan. Ini mencakup elemen seperti logo, nama, nilai-nilai perusahaan, cerita, dan reputasi. Untuk mencapai bisnis yang sukses, produk dan brand saling terkait. Produk yang baik dapat membangun reputasi positif untuk brand, dan brand yang kuat dapat meningkatkan daya tarik produk. Oleh karena itu, brand diperlukan untuk mempertimbangkan baik pengembangan produk yang berkualitas maupun strategi brand positioning yang efektif dalam upaya untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

Sesi mentoring berlanjut dengan pembahasan mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam brand positioning yaitu mengenai pemahaman pesaing. “Pemahaman pesaing ini dapat dilakukan analisis kompetitif untuk memahami bagaimana pesaing memposisikan diri mereka, menentukan segmentasi yang paling cocok dengan produk yang sedang dikembangkan, fokus pada nilai utama yang membedakan dengan kompetitor, pastikan konsistensi dalam semua aspek brand dari segala hal, termasuk desain hingga komunikasi. Selain itu perlu dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap efektivitas brand positioning dan membuat perubahan jika diperlukan,” ungkap Rakhmat. Rakhmat juga memberikan panduan terkait segmentasi pasar, pelanggan, dan beberapa analisis lainnya yang terukur secara kuantitatif. (Penulis; Ailsa/Dok.; Foto IA).

Tinggalkan Komentar Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Universitas Gadjah Mada

INNOVATIVE ACADEMY
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Innovative Academy HUB
EDS Building
Jl. Asem Kranji K6-K7, Kampus UGM, Yogyakarta 55284
Phone: 0813-9330-1436
Email: ia@ugm.ac.id

Find Us Here!

Instagram

Whatsapp

Facebook

Email IA

Tentang Kami

Kami telah memfasilitasi 8,000+ entrepreneur muda dari berbagai kalangan, membantu 1.000+ founder dan co-founder startup untuk membangun 300+ startup.

Layanan

Pre-Inkubasi Startup

Inkubasi Startup

Startup Kami

  • AMX UAV
  • Ruang Halal
  • Inspirasien
  • Wujudkan
  • UICreative.net
  • KulinerKu
  • Kalikesia
  • Asmer
  • etc.

© 2022 DIREKTORAT PENGEMBANGAN USAHA - UNIVERSITAS GADJAH MADA

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY