• Tentang UGM
  • Pusat IT
  • Dit PUI
  • Dit KA
  • Penelitian
  • Surel
  • Indonesia
    • English
    • Indonesia
Universitas Gadjah Mada Innovative Academy
Direktorat Pengembangan Usaha
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Startup
  • Program
  • Acara
  • berita
  • Tentang Kami
    • Tim Kami
    • Mentor
  • Beranda
  • Berita
  • Brand Building: How to Build Branding and Positioning

Brand Building: How to Build Branding and Positioning

  • Berita
  • 6 Juli 2023, 06.59
  • Oleh: ia
  • 0
Inkubasi Minggu Kelima

Satu bulan inkubasi Innovative Academy telah dilalui. Selanjutnya memasuki minggu kelima ini, Innovative Academy menghadirkan Rakhmat Ganda Wirawan yang merupakan Professional Marketeers. Ganda menjelaskan mengenai beberapa perbedaan brand dan produk dan bagaimana membangun sebuah brand. Dalam pengembangan sebuah produk, brand memegang peranan penting termasuk untuk strategi dan aktivitas pengembangan. 

 

Terdapat beberapa tahapan dalam membuat sebuah branding. Fase pertama adalah Market Research. Lakukan riset sedetail mungkin, kadang banyak orang  yang malah mengabaikan riset. Padahal dari riset, kita bisa mendapat hal-hal fundamental untuk kedepannya sehingga market research merupakan tahapan paling krusial dalam sebuah proses branding.

 

Tahap selanjutnya adalah Brand Strategy. Tahap ini menjelaskan target pasar dan unsur-unsur yang digunakan untuk menentukan target pasar. Masing-masing produk punya gaya bahasa yang berbeda sehingga kita harus bisa melihat, produk yang dimiliki tergolong kategori mana untuk menentukan segmentasi pasarnya.

 

Tahap selanjutnya adalah Brand Identity yaitu tahap bagaimana produk disampaikan dan bagaimana cara membangun persepsi publik terhadap brand tersebut dan kemudian bagaimana menciptakan awareness terhadap brand tersebut agar dikenal oleh masyarakat,  ujar Ganda dalam mentorship secara daring pada inkubasi Innovative Academy (1/4) dengan  membawakan topik berjudul “Brand Building: How to Build Branding and Positioning” secara daring. 

 

Ganda juga menyampaikan, diperlukan Unique Selling Proposition (USP) dengan beberapa kriteria, yaitu target audience (siapa prospek dari produk yang dibuat), brand (brand atau produk yang dipasarkan), frame of reference (kategori dimana produk dapat bersaing), benefit (sesuatu yang membuat produk lebih unggul dari kompetitor) dan reason to believe (bukti yang menjanjikan mengenai produk). USP ini akan sangat membantu dalam proses marketing dan pembuatan branding. 

 

Insight dari mentorship pada minggu ini adalah disamping mengembangkan produk berkualitas, startup founders  juga dapat  belajar untuk menciptakan branding produk yang menarik sehingga dapat menarik perhatian orang lain dan mudah diingat karena prinsip dari brand positioning adalah “more in the mind than in the market”.

 

Universitas Gadjah Mada

INNOVATIVE ACADEMY
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Innovative Academy HUB
EDS Building
Jl. Asem Kranji K6-K7, Kampus UGM, Yogyakarta 55284
Phone: 0813-9330-1436
Email: ia@ugm.ac.id

Find Us Here!

Instagram

Whatsapp

Facebook

Email IA

Tentang Kami

Kami telah memfasilitasi 8,000+ entrepreneur muda dari berbagai kalangan, membantu 1.000+ founder dan co-founder startup untuk membangun 300+ startup.

Layanan

Pre-Inkubasi Startup

Inkubasi Startup

Startup Kami

  • AMX UAV
  • Ruang Halal
  • Inspirasien
  • Wujudkan
  • UICreative.net
  • KulinerKu
  • Kalikesia
  • Asmer
  • etc.

© 2022 DIREKTORAT PENGEMBANGAN USAHA - UNIVERSITAS GADJAH MADA

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY