Yogyakarta, 23 Oktober 2024 – Innovative Academy berkolaborasi dengan Swaragama menggelar kegiatan workshop “Digital Branding and Social Media Management Training”. Acara yang dilaksanakan di PORTA by Ambarukmo sukses digelar dengan antusiasme penuh dari para peserta. Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh para pengusaha muda dan startup yang ingin membekali dirinya menghadapi tantangan usaha di era digital, tetapi juga dihadiri oleh para staf unit kerja Universitas Gadjah Mada yang membidangi kehumasan dan komunikasi.
Dilaksanakan sebanyak dua sesi, kegiatan ini berfokus untuk memberikan pemahaman mengenai strategi digital branding hingga cara mengkomunikasikan dan memasarkannya. Peserta juga diajak untuk membuat konten storytelling maupun copywriting yang mampu menarik target pasar. Pada sesi pertama, dihadirkan narasumber Fadli Fathoni dari Swaragama Group dan Hanum Dyah Wulandari dari Impresi Creative. “Dalam menargetkan pasar dan membangun brand, perlu pemahaman dan pertimbangan matang tentang karakter platform media digital yang akan kita gunakan. Facebook, misalnya, merupakan platform berbasis pertemanan sehingga pendekatan pada branding bisa dilakukan dengan menyasar kepada komunitas-komunitas yang ada di platform tersebut,” jelas Fadli dalam kesempatannya menyampaikan materi Branding Sosial Media. Narasumber kedua, Hanum Dyah Wulandari, memberikan tips dan trik strategi konten yang tepat sasaran melalui perencanaan konten (content planning). “Content Planning merupakan langkah penting dalam memastikan setiap konten yang kita buat relevan dan sesuai dengan target pasar. Selain itu, dengan perencanaan konten yang matang kita dapat meminimalisir kesalahan implementasi strategi pemasaran”, ujar Hanum.
Pada sesi kedua yang tidak kalah menarik, Pandu Rizqy serta Nicky Shaquilla yang merupakan seorang content creator membagikan pengalaman mereka dalam membangun, mengembangkan, hingga menjaga engagement konten yang dibuatnya. Nicky Shaquilla yang juga merupakan seorang announcer memberikan materi menarik tentang bagaimana menyampaikan sebuah informasi layaknya seorang penyiar, mulai dari teknik vokal, tipe vokal, hingga konten dari informasi itu sendiri. Sebagai pelengkap sesi workshop, Pandu Rizqy membagikan tips dan trik pemasaran produk melalui konten audio visual seperti yang dilakukannya. “Membangun karakter konten bisa dilakukan dengan 4 cara, yaitu membentuk persona/ ciri khas konten, buat konten yang relate dengan trend yang ada di sosial media, melakukan eksperimen untuk menciptakan tren baru (trendsetter), dan menjaga konsistensi jadwal update”, ujar Pandu.
Dengan adanya Digital Branding and Social Media Management Training yang diadakan oleh Innovative Academy dengan Swaragama, harapannya para peserta yang mencakup lapisan mahasiswa, staf kerja UGM bidang kehumasan-komunikasi, hingga startup dan bisnis yang tertarik melakukan pemasaran di dunia digital. (Editor: Dinda; Dokumentasi: Tim IA)