Branding and Positioning disampaikan oleh Rakhmat Ganda Wirawan, Senior Brand Marketing Manager & Global Project ENESIS GROUP pada hari Sabtu (9/9) di Artotel, Yogyakarta. ENESIS GROUP merupakan perusahaan yang menaungi produk-produk seperti Soffell, Adem Sari, Antis Antiseptik, Vegeta, Kispray, Force Magic, Plossa, dan Amunizer.
Rakhmat menjelaskan bahwa brand dan produk memiliki perbedaan meskipun keduanya juga saling berkaitan. Produk adalah barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan yang berupa objek fisik atau layanan yang dapat dibeli atau dikonsumsi oleh konsumen sedangkan brand adalah keseluruhan identitas, citra, dan persepsi yang terkait dengan produk atau perusahaan. Ini mencakup elemen seperti logo, nama, nilai-nilai perusahaan, cerita, dan reputasi. Untuk mencapai bisnis yang sukses, produk dan brand seringkali saling terkait. Produk yang baik dapat membangun reputasi positif untuk brand, dan brand yang kuat dapat meningkatkan daya tarik produk. Oleh karena itu, brand diperlukan untuk mempertimbangkan baik pengembangan produk yang berkualitas maupun strategi brand positioning yang efektif dalam upaya untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.
Sesi mentoring berlanjut dengan pembahasan mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam brand and positioning yaitu mengenai pemahaman pesaing. Pemahaman pesaing ini dapat dilakukan analisis kompetitif untuk memahami bagaimana pesaing memposisikan diri mereka, menentukan segmentasi yang paling cocok dengan produk yang sedang dikembangkan, fokus pada nilai utama yang membedakan dengan kompetitor, pastikan konsistensi dalam semua aspek brand dari segala hal, termasuk desain hingga komunikasi. Selain itu perlu dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap efektivitas brand positioning dan membuat perubahan jika diperlukan.
Pada sesi terakhir, startup founders diberikan tugas untuk membuat strategi brand dan produk. Rakhmat juga memberikan panduan terkait segmentasi pasar, pelanggan, dan beberapa analisis lainnya yang terukur secara kuantitatif.