Dengan tujuan mengembangkan dan mematangkan sektor bisnis dan pengembangan produk pada startup tahap inkubasi lanjutan, Innovative Academy bersama dengan Kementrian Koperasi memfasilitasi inkubasi wirausaha dengan tema Workshop Survival Strategy and Marketing Communication.
Kegiatan Workshop berlangsung selama 6-8 jam. Workshop terdiri dari presentasi materi oleh mentor, dan kemudian dilanjutkan dengan diskusi, studi kasus, serta tanya jawab oleh mentor yang sudah mumpuni di bidang teknologi, kreatif, maupun startup. Dan juga ada aktivitas konsultasi secara penuh dengan dedicated mentor.
Topic I ; Survival Strategy
Speaker Syafri Yuzal, S.E., M.B.A.
Co-Founder dan Direktur AINO Indonesia
Materi mengenai kiat dalam menjalankan wirausaha, bagaimana bertahan di industri dan di tengah pandemi, sekaligus sharing pengalaman oleh mentor. Output yang dihasilkan, startups mampu: Dari karakter dan model startup yang dimiliki, mampu membuat strategi bertahan dan pengembangan bisnis.
Topic II; Marketing Communication
Speaker Dr. Ayu Helena Cornellia, B.A., M.Si
Sekretaris Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD DIY)
Metode tentang bagaimana suatu bisnis bisa disampaikan dengan pesan yang sama pada seluruh media pemasaran. Tujuan utama dari dilakukannya kegiatan ini adalah agar bisa mempengaruhi banyak orang dengan elemen promosi di dalamnya yang mampu menyentuh tingkat kognisi, afeksi, serta konasi.
Biasanya, elemen pemasaran yang digunakan di dalamnya adalah soft selling dan hard selling. Soft selling dalam hal ini mencakup advertising, public relation atau PR, CSR, dan interactive marketing dengan tujuan untuk bisa mempengaruhi audiens kepada tingkatan kognisi serta afeksi. Disisi lain, hard selling yang diantaranya berupa personal selling, direct selling serta sales promotion digunakan untuk bisa mempengaruhi audience pada tingkat konasi